PERAN PENTING EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PERSEPSI NEGOSIASI BISNIS

Penulis

  • Fitriana Albertina Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran
  • Cecep Safaatul Barkah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran
  • Nurillah Jamil Achmawati Novel Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55208/bistek.v15i2.262

Kata Kunci:

Efektivitas Komunikasi, Negosiasi, Bisnis, Perspektif Negosiasi, Perspektif Komunikasi

Abstrak

Negosiasi harus mempertimbangkan kepentingan bersama, dan keuntungan bagi kedua belah pihak. Maka komunikasi menjadi kunci bagi keberhasilan negosiasi. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan literature review sebagai metodologinya yaitu mengumpulkan data dari berbagai sumber referensi yang telah diterbitkan sebelumnya. Dapat dijelaskan berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi dua pihak harus menyampaikan makna atau pesan yang sama. Komunikasi dan pengambilan keputusan adalah elemen penting dalam negosiasi. Negosiator yang baik harus mampu berkomunikasi dengan kejelasan, akurasi, dan persuasi. Tujuan negosiasi adalah saling pengertian. Negosiator harus meminimalkan kesalahpahaman yang dapat menyebabkan masalah komunikasi yang signifikan. Pentingnya membangun keinginan untuk memahami latar belakang, perspektif, dan kualitas setiap negosiator untuk keberhasilan proses negosiasi. Negosiator juga harus berempati, mampu membuat keputusan terbaik, dan mengusulkan kesepakatan terbaik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini ialah efektivitas negosiasi yang mengarah pada keputusan kerjasama tergantung pada komunikasi yang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-21

Cara Mengutip

Albertina, F., Barkah, C. S. ., & Novel, N. J. A. . (2023). PERAN PENTING EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PERSEPSI NEGOSIASI BISNIS . Majalah Bisnis &Amp; IPTEK, 15(2), 120–128. https://doi.org/10.55208/bistek.v15i2.262