ANALISIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BISNIS BAGI ONLINE SHOP DI DAERAH BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.55208/bistek.v15i2.253Kata Kunci:
Komunikasi, bisnis, sosial mediaAbstrak
Saat ini, media sosial tidak lagi hanya sebagai sarana bertukar pesan, namun dapat menjadi sumber penghasilan. Pengetahuan mengenai media sosial, adalah pondasi utama untuk menjalankan online shop.
Metode yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang disebarkan lewat Gform kepada responden, kemudian mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan topik dan masalah terkait. Analisis data dilakukan dengan cara membaca, mempelajari, menelaah, membandingkan dan menginterpretasikan hasil analisis, sehingga dapat menjawab semua permasalahan. Tahap terakhir adalah menarik kesimpulan dari permasalahan yang telah terjawab.
Instagram menjadi media sosial yang hampir dimiliki oleh kalangan anak muda. Kebanyakan alasan menjual barang atau jasanya di instagram karena pengguna Instagram di Kota Bandung lebih banyak, termasuk Whatsapp.
Sebagian besar konsumen mengaku menggunakan Instagram sebagai media untuk berbelanja (62%), peringkat kedua ditempati oleh Whatsapp (9%), disusul oleh Facebook, TikTok, dan lainnya. Baik dimata penjual maupun konsumen, keduanya menjawab komunikasi dalam berbisnis sangatlah penting. Sebanyak 82% dari konsumen memutuskan untuk bertanya terlebih dahulu tentang produk yang akan mereka beli daripada langsung membeli seperti sebagian konsumen yang lain (18%).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aliya Devi Ramadyta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.