FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI INDONESIA : CONTEXTUAL FACTORS, INDIVIDUALISM VALUE, DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR
DOI:
https://doi.org/10.55208/jebe.v17i1.305Kata Kunci:
theory of planned behaviour, individualism value, novelty, contextual support, entrepreneurial intentionAbstrak
Penelitian ini mengintegrasikan prediksi dari teori nilai-nilai manusia dan menggabungkan dukungan kontekstual dengan theory of planned behaviour (TPB) sebagai bentuk pembaharuan penelitian. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki mekanisme di mana nilai diri pada manusia (individualism value) dan faktor kontekstual (contextual support) dengan niat berwirausaha menggunakan sampel dari 222 mahasiswa ataupun yang sudah lulus di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Kuesioner Niat Kewirausahaan (EIQ) untuk mengukur theory of planned behaviour, Portraits Value Questionnaire (PVQ) untuk mengukur individualism values, dan The entrepreneurial support model (ESM) untuk mengukur contextual support. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS)- Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa individualism value (self-enhancement, dan openness to change) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Contextual support (perceived educational support, perceived relational support, dan perceived structural support) berpengaruh positif namun tidak signifikan dan theory of planned behavior berperan positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Self Enhacement dan openness to change tidak dapat dimediasi oleh Subjective Norm terhadap niat berwirausaha mahasiswa.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fadhil Arrasyid
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.