SWOT & QSPM SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH MITRA EKAWARSA PLUS DI AJB BUMIPUTERA 1912 MEDAN

Loyalitas Pelanggan, Mitra Ekawarsa, Strategi ST, Matriks SWOT, SQPM

Penulis

  • Rahma Wulan Suci Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Syahbudi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Muhaisin B Syarbaini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55208/jebe.v17i2.498

Kata Kunci:

Customer loyalty,Mitra Ekawarsa, ST Strategy, SWOT Matrix, SQPM

Abstrak

Penyebab berkurangnya jumlah polis ini dikarenakan strategi meningkatkan loyalitas pelanggan yang kurang ada pada perusahaan, dimana strategi ini berdampak sangat besar terhadap bertambahnya atau berkurangnya jumlah polis pada produk yang dipilih oleh setiap pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan bentuk komitmen pelanggan terhadap suatu produk secara berulang-ulang bahkan permanen. Personal Accident Mitra Ekawarsa merupakan bentuk perlindungan diri dari risiko yang mungkin terjadi. Penelitian kualitatif diperoleh dari sumber data primer dengan melakukan observasi langsung pada perusahaan, melakukan wawancara, data sekunder merupakan data pelengkap yang dijadikan acuan dasar teori, diperoleh melalui jurnal, dll. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan loyalitas pada produk Personal Accident Mitra Ekawarsa Plus di perusahaan AJB Bumiputera 1912 Mean dengan menggunakan analisis SWOT & QSPM. Strategi ST dalam penelitian ini adalah membuat strategi dengan menerapkan kekuatan internal perusahaan sehingga dapat menghindari atau meminimalkan akibat dari beberapa ancaman yang berasal dari perusahaan asing. Hasil dari tahap ini menunjukkan bahwa semakin banyak karyawan di bagian pemasaran yang jujur ??dan bertanggung jawab mempunyai nilai TAS tertinggi dengan nilai 4,905. Oleh karena itu, menambah jumlah pegawai bagian pemasaran yang jujur ??dan bertanggung jawab merupakan strategi rekomendasi yang sebaiknya diterapkan perusahaan guna meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Nasution, R. W. S., Syahbudi, M., & Syarbaini, A. M. B. (2023). SWOT & QSPM SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH MITRA EKAWARSA PLUS DI AJB BUMIPUTERA 1912 MEDAN: Loyalitas Pelanggan, Mitra Ekawarsa, Strategi ST, Matriks SWOT, SQPM. Jurnal Ekonomi, Bisnis &Amp; Entrepreneurship (e-Journal), 17(2), 541–557. https://doi.org/10.55208/jebe.v17i2.498