Business Network Analysis of Gurilem Crackers MSMEs In Cililin Sub-District, West Bandung Regency
DOI:
https://doi.org/10.55208/jebe.v18i1.520Kata Kunci:
MSMEs, Business Networks, Production, Marketing and FinanceAbstrak
Untuk menurunkan angka pengangguran yang tinggi di Indonesia, masyarakat harus memilih peluang usaha lain seperti UMKM contohnya seperti Kerupuk Gurilem Mang Teten. Dan UMKM Kerupuk Gurilem Mang Teten ini sendiri memiliki jaringan bisnis, proses produksi, pemasaran, dan keungan yang baik guna meningkatkan produktivitas perusahaan dan juga guna meningkatkan persaingan pasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan bisnis, proses produksi, pemasaran, dan keuangan dari UMKM Kerupuk Gurilem Mang Teten di kp. Bongas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan bisnis yang di lakukan oleh perusahaan Mang Teten ini berupa jaringan kerjasama dengan pabrik kerupuk gurilem pemasok, proses produksi yang dilakukan masih menggunakan alat sederhana, pemasaran Kerupuk Gurilem Mang Teten masih dilakukan dengan mengandalkan word of mouth saja, dan laba perbulan yang dihasilkan dari usaha Kerupuk Guriem Mang Teten ini yaitu sebesar Rp. 1.236.000,00 dengan presentse laba sebesar 8,9%
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andi Sutisna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.